ORANG KOMPLAIN BELI RUMAH DI BUKIT GOLF

Mutu Rumah Bukit Golf Cibubur

Sebagai pembeli rumah di Bukit Golf Cibubur Riverside (pengembang PT Karya Cantika Kusuma), saya merasa sangat kecewa karena rumah yang dibeli ternyata mutu bangunannya sangat buruk dan sangat tidak layak huni.

Saya harus merenovasi bangunan seluruhnya karena khawatir ambruk saat ditempati. Begitu juga dengan sebagian pembeli yang akan segera menempati rumah itu, mau tidak mau merasa perlu melakukan renovasi terhadap bangunan.

Saya bertambah kecewa, ternyata jika merenovasi diharuskan belanja material di tempat yang dirujuk oleh Bukit Golf. Saya sudah survei harga material rujukan Bukit Golf yang rata-rata lebih mahal sekitar 30-50% dari harga pasaran.

Jika tidak membeli material di sana, pengembang akan membebankan uang jalur yang besarnya setiap pengiriman, yaitu dengan pick up Rp 25.000, kendaraan engkel Rp 50.000, dan dengan truk Rp 75.000. Peraturan pengembang itu ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.

Belum lagi kuli bongkar Bukit Golf berseragam yang harus dibayar dengan mematok harga Rp 40.000-Rp 150.000/mobil. Tidak mengherankan kalau tetangga saya merenovasi rumahnya harus mengeluarkan uang sekitar Rp 3.000.000 hanya untuk membayar uang ”aneh-aneh” tersebut.

Setahu saya biasanya harga jual rumah sudah termasuk fasilitas jalan, tetapi ternyata tidak berlaku di Bukit Golf karena pengembang masih memungut uang jalur untuk warganya dengan kuitansi dan stempel resmi. Padahal, warga sudah dipungut uang pemeliharaan lingkungan. Jadi untuk apa uang jalur (seperti upeti) tersebut?

Agar berhati-hati jika membeli rumah, terlebih di Bukit Golf Riverside, Cibubur. Tanyakan secara rinci spesifikasi bangunan dan pahami betul aturan-aturannya, agar tidak menyesal nantinya. Tari Duren Sawit, Jakarta (SUMBER KOMPAS)

1 comments:

wa_one said...

Jika mau objektif kita harus melihat tipe rumah mana yang kita beli di bukit Golf. Jika Golf side, River side pasti kualitas bagus karena termasuk perumahan kelas atas tapi untuk Arcadia karena harganya murah jadi kualitasnya sebanding dengan harganya. Jadi jika membeli rumah type Arcadia harus siap2 tertipu dengan harganya yang murah karena kita harus mempersiapkan biaya2 lain untuk renovasi, perawatan, dll. Belum lagi biaya uang jalur, kuli, serta pengelolaan keamanan yang sangat minimal dari developer. Ini memang sudah kenyataan dari yang kita peroleh dari membeli rumah yang harganya murah. Sebagai pengalaman selaku warga Arcadia, hal diatas bisa disiasati dengan pengiriman barang di malam hari serta kesadaran pribadi untuk keamanan dan kenyamanan lingkungan. Jika punya dana lebih mungkin The Address, Cibubur Residence, atau Kota Wisata pasti lebih baik.

Post a Comment